sumber foto : https://cpssoft.com/blog/manajemen/manajemen-operasi-arti-dan-fungsinya/ |
Organisasi dalam bentuk
apapun akan selalu ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Organisasi merupakan
unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dengan beberapa alasan,
seperti organisasi digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak mungkin dapat
kita lakukan dengan sendirian, jadi dengan bekerja sama, individu-individu
dapat menyelesaikan tugas-tugas yang apabila dikerjakan seorang diri tidak akan
tercapai, organisasi dapat menyediakan pengetahuan yang berkesinambungan serta
dapat menjadi sumber karier yang penting. Lalu apakah penting organisasi dalam berwirausaha?.
banyak pengusaha
beranggapan bahwa budaya organisasi itu tidak begitu penting bagi kelangsungan
bisnis, namun pada kenyataannya, bisnis sangat membutuhkan organisasi yang
sehat. Setiap bisnis, usaha, perusahaan bahkan diri kita sendiri membutuhkan
organisasi.
Organisasi diartikan
sebagai kerjasama yang tercipta antar beberapa individu dalam suatu kelompok
untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi juga merupakan susunan dan aturan
dari berbagai bagian dari orang, bisnis dan perusahaan sehingga merupakan
kesatuan yang teratur.
Dengan manajemen organisasi
membuat bisnis semakin terarah dan rapi, serta mudah dalam menemukan dan
mengatur strategi agar bisnis berkembang dengan cepat.
pelaku usaha membutuhkan
pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Maka diperlukan
manajemen organisasi dalam usaha. Untuk mengolah yang ada dalam usahany harus
menggunakan prinsip manajemen. Apabila sebuah usaha tidak dilakukan manajemen
organisasi maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak
bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.
manajemen organisasi
berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga
dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.
sumber foto : https://www.sekolahan.co.id/pengertian-manajemen-operasional-ciri-fungsi-dan-ruang-lingkup-manajemen-operasional/ |
Manfaat Organisasi bagi Bisnis Anda
Berikut ulasan beberapa manfaat organisasi dalam
perusahaan :
1. Memudahkan
dalam pembuatan perencanaan bisnis
Pihak manajemen dan pemilik bisnis akan lebih mudah
dalam membuat perencanaan bisnis ke depan yang membutuhkan aset dan sumber
daya, terutama dalam membuat anggaran dan kompetensi karyawan yang diperlukan
untuk mencapai target baru yang dibuat tersebut. Selanjutnya untuk mempermudah
manajemen ingin membuat laporan analisis dan evaluasi terhadap kinerja (performance) perusahaan
atau bisnis.
2. Memudahkan
dalam mencapai target yang ditentukan
adanya manajemen organisasi dalam bisnis, pihak
manajemen akan lebih mudah dalam mem-break down pekerjaan dan kegiatan
yang akan dilakukan dalam rencana kegiatan, dan kemudian akan dikelompokkan
menjadi satu grup fungsi dan jabatan tertentu. struktur organisasi yang
dirasakan paling sesuai dengan rencana dan target perusahaan. Sehingga dengan
memberikan tugas masing-masing akan memudahkan perusahaan atau bisnis untuk
mencapai taget yang ditentukan.
3. Memudahkan
dalam menentukan job description karyawan
adanya organisasi pihak perusahaan akan mudah dalam
pembagian job description karyawan. Sehingga pekerjan karyawan tidak
tumpang tindih. Dan tentunya akan membuat karyawan maksimal dalam bekerja
di bidang tertentu.
4. Mempermudah
dalam menganalisis beban kerja karyawan
Dengan organisasi juga dapat mengetahui setiap fungsi
dan jabatan dalam perusahaan sehingga akan mempermudah untuk menganalisis beban
kerja dari tiap karyawan. Demikian juga sebaliknya apabila beban kerja seorang
karyawan belum terlalu banyak maka karyawan tersebut dapat merangkap fungsi
atau ditambahkan pekerjaan lain sehingga biaya operasional perusahaan atau
bisnis menjadi lebih efisien.
5. Perhitungan
gaji karyawan semakin mudah
adanya organisasi ini juga akan membuat perhitungan
beban gaji karyawan menjadi lebih efesien. Anda juga bisa menggunakan software
akuntansi yang memiliki fitur perhitungan payroll yang memudahkan
proses pembukuan dan penghitungan gaji karyawan secara bersamaan secara lebih
mudah
6. Semangat
kerjasama dalam perusahaan
adanya organisasi dalam perusahaan atau binis akan
membuat karyawan bekerja sama dengan karyawan lainnya sesuai dengan job
decription yang diberikan. Sehingga akan timbul hubungan yang solid dalam
sebuah perusahaan. Selain itu juga organisasi dapat memicu kerjasama dengan
perusahaan lainnya.
Komentar
Posting Komentar