Langsung ke konten utama

Perlunya Manajemen Organisasi Dalam Berwirausaha

sumber foto :  https://cpssoft.com/blog/manajemen/manajemen-operasi-arti-dan-fungsinya/

Organisasi dalam bentuk apapun akan selalu ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Organisasi merupakan unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dengan beberapa alasan, seperti organisasi digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak mungkin dapat kita lakukan dengan sendirian, jadi dengan bekerja sama, individu-individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang apabila dikerjakan seorang diri tidak akan tercapai, organisasi dapat menyediakan pengetahuan yang berkesinambungan serta dapat menjadi sumber karier yang penting. Lalu apakah penting organisasi dalam berwirausaha?.
banyak pengusaha beranggapan bahwa budaya organisasi itu tidak begitu penting bagi kelangsungan bisnis, namun pada kenyataannya, bisnis sangat membutuhkan organisasi yang sehat. Setiap bisnis, usaha, perusahaan bahkan diri kita sendiri membutuhkan organisasi.
Organisasi diartikan sebagai kerjasama yang tercipta antar beberapa individu dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi juga merupakan susunan dan aturan dari berbagai bagian dari orang, bisnis dan perusahaan sehingga merupakan kesatuan yang teratur.
Dengan manajemen organisasi membuat bisnis semakin terarah dan rapi, serta mudah dalam menemukan dan mengatur strategi agar bisnis berkembang dengan cepat.
pelaku usaha membutuhkan pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Maka diperlukan manajemen organisasi dalam usaha. Untuk mengolah yang ada dalam usahany harus menggunakan prinsip manajemen. Apabila sebuah usaha tidak dilakukan manajemen organisasi maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.
manajemen organisasi berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.
sumber foto : https://www.sekolahan.co.id/pengertian-manajemen-operasional-ciri-fungsi-dan-ruang-lingkup-manajemen-operasional/
Manfaat Organisasi bagi Bisnis Anda
Berikut ulasan beberapa manfaat organisasi dalam perusahaan :
1.     Memudahkan dalam pembuatan perencanaan bisnis
Pihak manajemen dan pemilik bisnis akan lebih mudah dalam membuat perencanaan bisnis ke depan yang membutuhkan aset dan sumber daya, terutama dalam membuat anggaran dan kompetensi karyawan yang diperlukan untuk mencapai target baru yang dibuat tersebut. Selanjutnya untuk mempermudah manajemen ingin membuat laporan analisis dan evaluasi terhadap kinerja (performance) perusahaan atau bisnis.
2.     Memudahkan dalam mencapai target yang ditentukan
adanya manajemen organisasi dalam bisnis, pihak manajemen akan lebih mudah dalam mem-break down pekerjaan dan kegiatan yang akan dilakukan dalam rencana kegiatan, dan kemudian akan dikelompokkan menjadi satu grup fungsi dan jabatan tertentu. struktur organisasi yang dirasakan paling sesuai dengan rencana dan target perusahaan. Sehingga dengan memberikan tugas masing-masing akan memudahkan perusahaan atau bisnis untuk mencapai taget yang ditentukan.
3.     Memudahkan dalam menentukan job description karyawan
adanya organisasi pihak perusahaan akan mudah dalam pembagian job description karyawan. Sehingga pekerjan karyawan tidak tumpang tindih. Dan tentunya akan  membuat karyawan maksimal dalam bekerja di bidang tertentu.
4.     Mempermudah dalam menganalisis beban kerja karyawan
Dengan organisasi juga dapat mengetahui setiap fungsi dan jabatan dalam perusahaan sehingga akan mempermudah untuk menganalisis beban kerja dari tiap karyawan. Demikian juga sebaliknya apabila beban kerja seorang karyawan belum terlalu banyak maka karyawan tersebut dapat merangkap fungsi atau ditambahkan pekerjaan lain sehingga biaya operasional perusahaan atau bisnis menjadi lebih efisien.
5.     Perhitungan gaji karyawan semakin mudah
adanya organisasi ini juga akan membuat perhitungan beban gaji karyawan menjadi lebih efesien. Anda juga bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur perhitungan payroll yang memudahkan proses pembukuan dan penghitungan gaji karyawan secara bersamaan secara lebih mudah
6.     Semangat kerjasama dalam perusahaan
adanya organisasi dalam perusahaan atau binis akan membuat karyawan bekerja sama dengan karyawan lainnya sesuai dengan job decription yang diberikan. Sehingga akan timbul hubungan  yang solid dalam sebuah perusahaan. Selain itu juga organisasi dapat memicu kerjasama dengan perusahaan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

sumber foto:  https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/ Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu dipe

Kumparan Akademi: Membangun Bisnis Ala Bos Start Up

Kumparan Akademi bersama  Wellshared  menggelar webinar ( sumber foto :  https://www.instagram.com/kumparancom/ ) LAMPUNG – Melalui media Teleconference Zoom, Kumparan Akademi bersama Wellshared menggelar webinar dengan tema “ From Zero to One ”,  diselenggarakan dalam 4 sesi dalam kurun waktu selama 4 hari, yaitu pada tanggal 13, 14, 16, dan 21 Juli 2020. membahas strategi membangun bisnis ala bos start up. Dalam webminar sesi pertama pada Senin (13/7) disiarkan secara live dan dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta dan Safrina Nasution sebagai pembawa acara. Dengan para narasumber yaitu Christian Sugiono ( Founder Cumi.id ), Edward Tirtanata ( CEO Kopi Kenangan), Hugo Diba ( CEO kumparan), dan Aryo Ariotedjo ( Founder Grupara Ventures & Wellspaces.co ). Baca Juga :my bussines :berawal-hobi. Dalam webminar bertajuk From Zero to One, narasumber menjelaskan beberapa alasan awal terjun di bisnis dan memulai bisnis tersebut. Dalam webm

My Bussines : Berawal Hobi

Sumber Foto : Eannovate Well hello gaiss masih di Dedy,s Studio. Di pembahasan kali ini gue mau share tentang bisnis yang gue jalankan. Ya walupun masi kuliah gue sedikit demi sedikit sudah mulai menjalankan bisnis ya, walaupun tidak terlalu besar namun cukup untuk menghasilkan uang dan juga untuk belajar tentang bisnis. Lets check it out………… Awal dari ide bisnis yang gue jalankan yaitu dari hobi fotografi dan videografi. jadi suatu hari ada sahabat yang akan melakukan proses lamaran dan gue dipercaya untuk jadi orang yang mengabadikan momennya. Karena di daerah gue kebetulan sangat jarang orang yang menyediakan jasa fotografi dan videografi. Dan setelah selesai acara ternyata sahabat memberikan gue selembar amplop berisikan uang sebagai tanda terimakasih, padahal gue tidak memberikan tarif, niat gue iklas membantu sahabat. Nah dari situ mulailah kepikiran gimana kalo hobi ini gue bisnisin aja kan selain bisa membantu juga bisa menghasilkan keuntungan juga buat gue.