Langsung ke konten utama

Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

sumber foto: https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/

Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu diperlukan metode pemasaran yang tepat untuk menentukan keberhasilan atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa. Atau suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkannya itu dapat diterima dan disenangi oleh pasar. 

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan Anda dalam menjalankan sebuah usaha.
·       Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan. Hal mendetail mengenai produk yang akan ditawarkan kepada konsumen merupakan bagian dari aspek pemasaran. Spesifikasi produk, bentuknya secara fisik, merek, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainya. Sebuah produk baru bisa dikembangkan jika sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya. produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan tidak melulu berupa barang saja. Namun produk juga ada yang berupa jasa. Produk berupa jasa ini adalah produk yang tidak berwujud. Singkatnya jasa adalah segala tindakan atau pekerjaan yang bisa ditawarkan ke orang yang membutuhkan yang sifatnya intangible (tidak berwujud) dan juga tidak bisa berpindah kepemilikan. spesifikasi produk yang akan Anda tawarkan dengan melihat kondisi pasar yang tersedia. Selain spesifikasi produk ada juga perbedaan produk. Perbedaan produk atau product differentiation dasar bagi para penjual untuk menentukan motif-motif pembelian selektif. Maksudnya adalah satu barang atau jasa yang sama bisa berbeda-beda di mata para pembeli.
·       Segmentasi Pasar
Jika analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial. Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau jasa. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya. Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah dalam menjual barang/jasa yang ditawarkan. dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja. Karena dalam setiap homogenitas pasar terdapat perbedaan-perbedaan utamanya dalam hal membeli, cara menggunakan produk, manfaat produk, alasan melakukan pembelian dan tujuan pembelian. Perbedaan-perbedaan ini akan memudahkan dalam mengalokasikan SDM perusahaan ke dalam segmen-segmen ini.
·       Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan bagian dari analisis aspek pemasaran yang mana merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. dengan aspek pemasaran analisa pasar ini kita dapat menemukan sebuah peluang yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Selain itu, analisa pasar juga bisa mengembangkan usaha dan bisnis menjadi lebih maju.
·       Peramalan Penjualan
Peramalan penjualan adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat diperlukan jika ingin memulai sebuah bisnis. ramalan penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.
·       Analisa Pesaing
Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan yang kita dirikan. Jika kita tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin perusahaan akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali. Analisa pesaing dapat lakukan dengan melakukan identifikasi. yaitu harus mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial. Dengan mengetahui secara detail kekuatan dan kelemahan pesaing maka kita sudah mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut adalah bisa memaksimalkan kekuatan perusahaan untuk menutupi kelemahan perusahaan pesaing.
·       Promosi
Promosi merupakan ujung tombak dari aspek pemasaran. Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli. Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen. tujuan utama dari promosi adalah memberitahukan konsumen tentang penawaran produk, manfaat dari produk yang ditawarkan, membujuk mereka untuk melakukan pembelian dan mempertahankan merek produk di mata konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Humanity Food Van ACT Saat Pandemi Corona

mobil van ACT mendistribusikan makanan gratis kepada warga prasejahtera.  (Sumber Foto : Pers Realese) DedyStudio , Jakarta –Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali meluncurkan program  Operasi Makan Gratis, Humanity Food Van (HFV) dari Humanity Central Kitchen. Ini merupakan bentuk keseriusan lembaga untuk menguatkan aksi-aksi ACT dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera selama masa pandemi corona. ada 10 armada Humanity Food Van (HFV) akan beroperasi di wilayah Jabodetabek. ribuan porsi makanan setiap harinya yang diproduksi oleh Humanity Central Kitchen dan didistribusikan oleh HFV. Ahyudin selaku ketua Dewan Pembina ACT menyampaikan semangat optimis, kebaikan inilah yang perlu ditanamkan di kalangan masyarakat Indonesia. “Yang harus selalu kita ingat adalah Covid-19 adalah sebuah musibah dari Allah yang Maha Baik, maka akan hadir juga kebaikan. Bangsa ini adalah bangsa yang baik. Salah satu bukti kebaikan bangsa ini adalah kemampuan solidaritas da...

Valterry Petkuns Si Pemalas Yang Menjadi Bintang Karena Hobinya

Valterry Petkuns Kisah seorang pemuda bernama valterry petkuns. petkuns adalah seorang professional atlit parkour freeruning. Sudah berkali kali menjuarai dunia kompetisi Freeruning RedBull Art Of Motion. Dan hampir Semua kompetisi Parkour Dan Freeruning yang ada ada di dunia. Karena prestasinya lah petkuns telah menjadi orang yang sangat sukses, dan hampir semua Praktisi Parkour Freeruning pasti mengenalnya.  Jauh sebelum menjadi seorang atlit parkour dan freeruning, petkuns hanyalam pemuda malas tanpa hobi. Tidak melanjutkan sekolah karna tidak menyukai pelajaran yang ada di sekolahnya. Ketika pergi sekolah dia akan pergi ke tempat lain seperti bermain game dengan teman temannya. petkuns adalah orang yang suka berolahraga, dia sering melakukam lari marathon. Namun pasha tidak menyukai olahraga seperti Sepak bola, bola voly dan sebagainya. Suatu hari ketika sedang berkeliling daerah petkuns mendapati seorang laki-laki melakukan akrobatik salto dan melompat melewa...