sumber foto: https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/ |
Setiap perusahaan baik
yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu
memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan
kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi
tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan
produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk
mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan
salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting
karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam
memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama
berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi
keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh
karena itu diperlukan metode pemasaran yang tepat untuk menentukan keberhasilan
atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Pemasaran adalah kegiatan meneliti
kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa. Atau suatu kegiatan
yang mengusahakan agar produk yang dipasarkannya itu dapat diterima dan
disenangi oleh pasar.
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek
yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek
pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan Anda dalam menjalankan
sebuah usaha.
·
Spesifikasi Produk dan Product
Differentiation
Produk adalah setiap hal
yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau
jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus
memberikan mereka kepuasan. Hal mendetail mengenai produk yang akan ditawarkan
kepada konsumen merupakan bagian dari aspek pemasaran. Spesifikasi produk, bentuknya
secara fisik, merek, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi
dan lain sebagainya. Sebuah produk baru bisa dikembangkan jika sudah mengetahui
secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya. produk yang ditawarkan oleh
sebuah perusahaan tidak melulu berupa barang saja. Namun produk juga ada yang
berupa jasa. Produk berupa jasa ini adalah produk yang tidak berwujud.
Singkatnya jasa adalah segala tindakan atau pekerjaan yang bisa ditawarkan ke
orang yang membutuhkan yang sifatnya intangible (tidak berwujud) dan juga tidak
bisa berpindah kepemilikan. spesifikasi produk yang akan Anda tawarkan dengan
melihat kondisi pasar yang tersedia. Selain spesifikasi produk ada juga
perbedaan produk. Perbedaan produk atau product differentiation dasar bagi para
penjual untuk menentukan motif-motif pembelian selektif. Maksudnya adalah satu
barang atau jasa yang sama bisa berbeda-beda di mata para pembeli.
·
Segmentasi Pasar
Jika analisis spesifikasi
produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan
produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan
pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial. Pasar ini adalah pasar yang
menjual lebih dari satu barang atau jasa. Oleh karena itu sangat penting
kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya. Dengan diadakan
segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah dalam menjual barang/jasa yang ditawarkan.
dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh
pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan
diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja. Karena dalam setiap
homogenitas pasar terdapat perbedaan-perbedaan utamanya dalam hal membeli, cara
menggunakan produk, manfaat produk, alasan melakukan pembelian dan tujuan
pembelian. Perbedaan-perbedaan ini akan memudahkan dalam mengalokasikan SDM
perusahaan ke dalam segmen-segmen ini.
·
Analisa Pasar dan Peramalan
Permintaan
Analisa pasar merupakan
bagian dari analisis aspek pemasaran yang mana merupakan langkah pertama yang
harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. dengan aspek pemasaran analisa
pasar ini kita dapat menemukan sebuah peluang yang mungkin belum terpikirkan
sebelumnya. Selain itu, analisa pasar juga bisa mengembangkan usaha dan bisnis menjadi
lebih maju.
·
Peramalan Penjualan
Peramalan penjualan
adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat
diperlukan jika ingin memulai sebuah bisnis. ramalan penjualan bisa dijadikan
dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan
sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.
·
Analisa Pesaing
Pesaing bisa diartikan
perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan
perusahaan yang kita dirikan. Jika kita tidak memiliki trik jitu dan analisa
mendalam maka bukan tidak mungkin perusahaan akan ditinggalkan konsumen atau
tidak mendapatkan konsumen sama sekali. Analisa pesaing dapat lakukan dengan
melakukan identifikasi. yaitu harus mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan
persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial.
Dengan mengetahui secara detail kekuatan dan kelemahan pesaing maka kita sudah
mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut adalah bisa memaksimalkan kekuatan
perusahaan untuk menutupi kelemahan perusahaan pesaing.
·
Promosi
Promosi merupakan ujung
tombak dari aspek pemasaran. Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan
oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka
tertarik untuk membeli. Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena
dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan
barang yang ditawarkan kepada konsumen. tujuan utama dari promosi adalah
memberitahukan konsumen tentang penawaran produk, manfaat dari produk yang
ditawarkan, membujuk mereka untuk melakukan pembelian dan mempertahankan merek
produk di mata konsumen.
Komentar
Posting Komentar