Langsung ke konten utama

Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

sumber foto: https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/

Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu diperlukan metode pemasaran yang tepat untuk menentukan keberhasilan atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa. Atau suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkannya itu dapat diterima dan disenangi oleh pasar. 

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan Anda dalam menjalankan sebuah usaha.
·       Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan. Hal mendetail mengenai produk yang akan ditawarkan kepada konsumen merupakan bagian dari aspek pemasaran. Spesifikasi produk, bentuknya secara fisik, merek, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainya. Sebuah produk baru bisa dikembangkan jika sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya. produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan tidak melulu berupa barang saja. Namun produk juga ada yang berupa jasa. Produk berupa jasa ini adalah produk yang tidak berwujud. Singkatnya jasa adalah segala tindakan atau pekerjaan yang bisa ditawarkan ke orang yang membutuhkan yang sifatnya intangible (tidak berwujud) dan juga tidak bisa berpindah kepemilikan. spesifikasi produk yang akan Anda tawarkan dengan melihat kondisi pasar yang tersedia. Selain spesifikasi produk ada juga perbedaan produk. Perbedaan produk atau product differentiation dasar bagi para penjual untuk menentukan motif-motif pembelian selektif. Maksudnya adalah satu barang atau jasa yang sama bisa berbeda-beda di mata para pembeli.
·       Segmentasi Pasar
Jika analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial. Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau jasa. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya. Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah dalam menjual barang/jasa yang ditawarkan. dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja. Karena dalam setiap homogenitas pasar terdapat perbedaan-perbedaan utamanya dalam hal membeli, cara menggunakan produk, manfaat produk, alasan melakukan pembelian dan tujuan pembelian. Perbedaan-perbedaan ini akan memudahkan dalam mengalokasikan SDM perusahaan ke dalam segmen-segmen ini.
·       Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan bagian dari analisis aspek pemasaran yang mana merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. dengan aspek pemasaran analisa pasar ini kita dapat menemukan sebuah peluang yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Selain itu, analisa pasar juga bisa mengembangkan usaha dan bisnis menjadi lebih maju.
·       Peramalan Penjualan
Peramalan penjualan adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat diperlukan jika ingin memulai sebuah bisnis. ramalan penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.
·       Analisa Pesaing
Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan yang kita dirikan. Jika kita tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin perusahaan akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali. Analisa pesaing dapat lakukan dengan melakukan identifikasi. yaitu harus mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial. Dengan mengetahui secara detail kekuatan dan kelemahan pesaing maka kita sudah mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut adalah bisa memaksimalkan kekuatan perusahaan untuk menutupi kelemahan perusahaan pesaing.
·       Promosi
Promosi merupakan ujung tombak dari aspek pemasaran. Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli. Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen. tujuan utama dari promosi adalah memberitahukan konsumen tentang penawaran produk, manfaat dari produk yang ditawarkan, membujuk mereka untuk melakukan pembelian dan mempertahankan merek produk di mata konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumparan Akademi: Membangun Bisnis Ala Bos Start Up

Kumparan Akademi bersama  Wellshared  menggelar webinar ( sumber foto :  https://www.instagram.com/kumparancom/ ) LAMPUNG – Melalui media Teleconference Zoom, Kumparan Akademi bersama Wellshared menggelar webinar dengan tema “ From Zero to One ”,  diselenggarakan dalam 4 sesi dalam kurun waktu selama 4 hari, yaitu pada tanggal 13, 14, 16, dan 21 Juli 2020. membahas strategi membangun bisnis ala bos start up. Dalam webminar sesi pertama pada Senin (13/7) disiarkan secara live dan dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta dan Safrina Nasution sebagai pembawa acara. Dengan para narasumber yaitu Christian Sugiono ( Founder Cumi.id ), Edward Tirtanata ( CEO Kopi Kenangan), Hugo Diba ( CEO kumparan), dan Aryo Ariotedjo ( Founder Grupara Ventures & Wellspaces.co ). Baca Juga :my bussines :berawal-hobi. Dalam webminar bertajuk From Zero to One, narasumber menjelaskan beberapa alasan awal terjun di bisnis dan memulai bisnis tersebut. Dalam webm

My Bussines : Berawal Hobi

Sumber Foto : Eannovate Well hello gaiss masih di Dedy,s Studio. Di pembahasan kali ini gue mau share tentang bisnis yang gue jalankan. Ya walupun masi kuliah gue sedikit demi sedikit sudah mulai menjalankan bisnis ya, walaupun tidak terlalu besar namun cukup untuk menghasilkan uang dan juga untuk belajar tentang bisnis. Lets check it out………… Awal dari ide bisnis yang gue jalankan yaitu dari hobi fotografi dan videografi. jadi suatu hari ada sahabat yang akan melakukan proses lamaran dan gue dipercaya untuk jadi orang yang mengabadikan momennya. Karena di daerah gue kebetulan sangat jarang orang yang menyediakan jasa fotografi dan videografi. Dan setelah selesai acara ternyata sahabat memberikan gue selembar amplop berisikan uang sebagai tanda terimakasih, padahal gue tidak memberikan tarif, niat gue iklas membantu sahabat. Nah dari situ mulailah kepikiran gimana kalo hobi ini gue bisnisin aja kan selain bisa membantu juga bisa menghasilkan keuntungan juga buat gue.