Langsung ke konten utama

Panduan Bisnis Model Canvas

sumber foto : https://glcworld.co.id/penjelasan-business-model-canvas/

Haii, pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang menentukan Produk Dan dan Harga jualnya. Kamu bisa membacanya disini. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang panduan Bisnis Model Canvas. Ketika kamu membuat sebuah perencanaan bisnis maka kamu harus memperhatikan juga bisnis model yang tepat untuk bisnis kamu. Salah satu panduan atau tool untuk merancang model bisnis adalah tool bernama bisnis model canvas.
Lalu, apa itu Bisnis Model ?
Bisnis model adalah penjelasan mengenai bagaimana sebuah bisnis dapat membuat, menyalurkan, serta mendapatkan keuntungan dari nilai tambah/value yang diberikan. Salah satu tool untuk memvisualisasikan model bisnis tersebut adalah Bisnis Model Canvas (BMC).
Alexander Osterwalder memperkenalkan Business Model Canvas berupa alat visual satu halaman yang memungkinkan start-up  tetap fokus pada penciptaan nilai, tidak lagi membuang-buang waktu dalam berpuluh-puluh lembar. Dalam tool ini, kamu akan dimudahkan dalam membangun bisnis model. Di dalam bisnis model canvas terdapat sembilan elemen yang setiap elemen saling berkaitan satu sama lain.
Lalu apa saja kesembilan kotak ajaib dari “Business Model Canvas” ini :
1.     Customer segment.
Menetukan customer segmen. adalah bagian dimana harus menentukan target pasar yang diincar. Customer segment menjabarkan spesifik segmentasi pelanggan yang menjadi bisnis Anda. Misalkan dipilih dari segmen tingkat ekonomi, umur, komunitas tertentu, atau perilaku khusus konsumen. Spesifikkan kriteria konsumen yang akan membeli produk anda. Spesifik konsumen yang akan membeli produkmu bisa dilihat dari jenis kelamin, pekerjaan, status, usia, perilaku, letak geografi dan sebagainya.
2.     Value Propositions
Menjelaskan solusi apa yang ingin anda berikan untuk mengatasi masalah tersebut. Value Proposition menjabarkan manfaat apa yang akan didapatkan pada konsumen jika memilih bisnis kita. Bila merujuk pada Gojek, startup unicorn yang memiliki value proposititon yaitu, “menyediakan transportasi massal yang berkualitas, mudah serta cepat diakses dengan harga terjangkau“ Nilai apa yang menjadi pembeda dibandingkan produk/jasa sejenis atau lainnya baik yang menjadi kekuatan atau keunggulannya
3.     Channels
Bagaimana caranya supaya value yang kamu tawarkan bisa sampai ke target konsumen yang sudah anda tetapkan. Channels adalah cara yang tepat untuk digunakan dalam menyampaikan value proposition bisnis Anda kepada konsumen. Misalkan kalau anda ingin fokus berjualan online maka channels yang bisa anda pilih adalah toko online, e-commerce, dan sosial media. semakin kreatif Anda menciptakan channel penjualan makin besar peluang Anda untuk unggul dalam persaingan.
4.     Customer Relationship
Bagaimana mempertahankan mereka untuk tetap menjadi konsumen yang setia. Sehingga diharapkan mereka akan melakukan repeat order terhadap produk yang anda jual. Customer relationship adalah cara atau wadah untuk terus berhubungan dan semakin mempererat hubungan dengan konsumen. Hal ini harus dilakukan agar pelanggan Anda jumlahnya terus bertambah dan untuk mempertahankan konsumen Anda tetap setia. membuat mereka nyaman dengan service yang diberikan setelah mereka melakukan pembelian.
Gojek dalam membuat customer relationship-nya menggunakan beberapa cara diantaranya: memberikan diskon/promo, memberikan newsletter, dan memberikan aplikasi yang kaya fitur.
5.     Key Activities
Jika ingin memasarkan produk dalam cakupan yang lebih luas maka bisa melakukannya dengan cara iklan. Buatlah daftar kegiatan apa saja yang harus dilakukan dalam bisnis Anda, baik kegiatan utama maupun pendukung. Dari list ini akan terlihat berapa SDM yang Anda butuhkan dan managerial waktu dalam pengerjaannya. Ini adalah poin yang menjelaskan aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan agar produk yang kamu jual bisa kemudian diperoleh oleh konsumen.
6.     Key Resources
Key Resource adalah sumber daya yang harus Anda miliki agar key activities bisnis Anda bisa dijalankan dan value proposition dapat diberikan kepada konsumen. Ada aktivitas tentu juga harus ada orang yang menjalankan aktivitas tersebut, setelah menentukan key activities maka anda harus pastikan bahwa di setiap aktivitas tersebut terdapat SDM yang in-charge dan terdapat fasilitas yang menunjang. Contoh : Key resources dari Gojek yang dapat mendukung kinerja startup ini diantaranya: google maps, aplikasi gojek.
7.     Key Partners
Pada poin ini anda harus menuliskan siapa saja pihak-pihak yang bisa membantu bisnismu berkembang. Key partners adalah pihak-pihak yang bisa Anda ajak kerjasama dengan tujuan untuk menyokong dan mengoptimalkan alokasi sumber daya, mengurangi resiko dan ketidakpastian persaingan, serta meningkatkan kinerja. anda bisa menuliskan pihak-pihak yang bisa mendongkrak bisnis anda. Investor juga termasuk partner. Karena adanya invetor akan mampu membuat bisnismu lebih berkembang. Key partnership yang baik akan membentuk siklus bisnis yang lebih stabil.
8.     Cost Sructure
Apabila aktivitas yang anda lakukan adalah iklan pemasaran maka biaya yang dibutuhkan adalah biaya iklan serta biaya pembelian internet serta laptop. Kemudian bila aktivitas anda adalah melakukan pembuatan website/aplikasi maka biaya yang dibutuhkan adalah pembelian server juga software-software yang dibutuhkan untuk menunjang website. Anda perlu menjelaskan, biaya-biaya apa saja yang harus Anda keluarkan.
9.     Revenue Stream
Untuk mengetahui potensi keuntungan maka anda harus memetakan sumber-sumber mana saja yang berpotensi memberikan keuntungan untuk bisnis anda. memiliki arus pendapatan (revenue stream) yang sangat jelas dan masuk akal sangatlah penting untuk tetap membuat bisnis Anda hidup. Dari sinilah akan tergambar darimana Anda menghasilkan uang atau keuntungan.

Jadi itu tadi adalah 9 poin dalam bisnis model canvas yang perlu kamu pahami. kalau kamu ingin membuat sebuah bisnis dan masih bingung untuk membedah bisnis modelnya maka kamu bisa loh mencoba tool BMC ini. Sekiann….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

sumber foto:  https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/ Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu ...

Program Humanity Food Van ACT Saat Pandemi Corona

mobil van ACT mendistribusikan makanan gratis kepada warga prasejahtera.  (Sumber Foto : Pers Realese) DedyStudio , Jakarta –Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali meluncurkan program  Operasi Makan Gratis, Humanity Food Van (HFV) dari Humanity Central Kitchen. Ini merupakan bentuk keseriusan lembaga untuk menguatkan aksi-aksi ACT dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera selama masa pandemi corona. ada 10 armada Humanity Food Van (HFV) akan beroperasi di wilayah Jabodetabek. ribuan porsi makanan setiap harinya yang diproduksi oleh Humanity Central Kitchen dan didistribusikan oleh HFV. Ahyudin selaku ketua Dewan Pembina ACT menyampaikan semangat optimis, kebaikan inilah yang perlu ditanamkan di kalangan masyarakat Indonesia. “Yang harus selalu kita ingat adalah Covid-19 adalah sebuah musibah dari Allah yang Maha Baik, maka akan hadir juga kebaikan. Bangsa ini adalah bangsa yang baik. Salah satu bukti kebaikan bangsa ini adalah kemampuan solidaritas da...

Valterry Petkuns Si Pemalas Yang Menjadi Bintang Karena Hobinya

Valterry Petkuns Kisah seorang pemuda bernama valterry petkuns. petkuns adalah seorang professional atlit parkour freeruning. Sudah berkali kali menjuarai dunia kompetisi Freeruning RedBull Art Of Motion. Dan hampir Semua kompetisi Parkour Dan Freeruning yang ada ada di dunia. Karena prestasinya lah petkuns telah menjadi orang yang sangat sukses, dan hampir semua Praktisi Parkour Freeruning pasti mengenalnya.  Jauh sebelum menjadi seorang atlit parkour dan freeruning, petkuns hanyalam pemuda malas tanpa hobi. Tidak melanjutkan sekolah karna tidak menyukai pelajaran yang ada di sekolahnya. Ketika pergi sekolah dia akan pergi ke tempat lain seperti bermain game dengan teman temannya. petkuns adalah orang yang suka berolahraga, dia sering melakukam lari marathon. Namun pasha tidak menyukai olahraga seperti Sepak bola, bola voly dan sebagainya. Suatu hari ketika sedang berkeliling daerah petkuns mendapati seorang laki-laki melakukan akrobatik salto dan melompat melewa...