Sumber Foto : https://www.finansialku.com/karyawan-memulai-bisnis/ |
Hallo gaiss, ada gak sih dari
kalian yang mungkin punya cita-cita untuk memiliki sebuah usaha atau mungkin
kalian yang sudah siap ingin membangun usaha tapi bingung harus mulai dengan
apa?. Jadi pembahasan kali ini saya akan share ke kalian cara untuk menentukan
sebuah Produk dan Menentukan Harga Jual suatu Produk Salah satu rahasia
kesuksesan bisnis adalah menentukan harga jual produk dengan benar. Yaitu dengan
Menentukan produk dan harga jual produk dengan tepat.
Sumber Foto : http://entrepreneurcamp.id/kriteria-barang/ |
“PRODUK”
Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang
dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa
ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau
kebutuhan. Produk adalah hasil jadi dari sebuah proses yang dilakukan oleh
pembuat atau produsen yang kemudian akan didistribusikan kepada pembeli atau
konsumen sesuai yang dibutuhkannya.
Dalam kehidupan sehari-hari
sebagian masyarakat akan memilih, produk yang akan di beli bisa dijangkau
sesuai kemampuannya. Maka dari itu sebelum memulai usaha perlu menentukan
sebuah produk yang menjadi target kebutuhan masyarakat. pilihan produk-produk
yang menyebar dimasyarakat luas sangatlah banyak.
Untuk dapat menciptakan produk
yang dapat laku di pasaran dapat dilakukan beberapa langkah berikut.
"Segmentasi konsumen
Segmentasi konsumen adalah proses
penentuan awal, “siapa yang akan menjadi calon konsumen produk saya?”. Secara
sederhana kita dapat menentukan calon konsumen kita ke dalam beberapa
segmentasi seperti :
1.
Lokasi
Berdasarkan lokasi maka anda
dapat menargetkan produk untuk calon konsumen. Saat anda melakukan segmentasi
ini anda dapat menilai peluang apakah yang ada di daerah tertentu. “Jenis
produk apa yang banyak dijual?” , “Produk apa yang dibutuhkan di lokasi ini?”
pertanyaan seperti ini akan membantu kita melakukan perencanaan produk dengan
lebih mudah.
2.
Masyarakat
Lebih terkhusus lagi kita akan
melakukan segmentasi calon pembeli yang potensial bagi produk yang akan kita
produksi. Berdasarkan kriteria berikut kita dapat memilah-milah calon konsumen
kita : umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dll.
"Mengamati Perilaku Calon
Pembeli
Mengamati Perilaku masyarakat
adalah cara lain untuk membantu kita dalam menentukan produk yang akan dijual.
·
Tentukan Image Produk
melakukan produksi maka sekaligus
menciptakan image produk . Apakah produk yang terjangkau untuk semua masyarakat
atau terbatas hanya untuk kelompok tertentu? Misalnya : Anda memproduksi baju
jersey yang dirancang khusus untuk olahragawan, maka hanya dari kalangan
olahragawan saja yang akan membelinya karena merasa sesuai atau malah selain
olahragawan yang menyukai atau mengkoleksi jersey.
·
Kenali Pembeli.
jika produk yang dibuat cocok
dengan perilaku pasar maka sangat besar kemungkinan produk atau jasa yang
ditawarkan akan mudah diterima. Misalnya : Di sekitar tempat usaha masyarakat
gemar berbelanja di akhir pekan. Kebiasaan ini dapat dijadikan peluang untuk melakukan promosi di
akhir pekan agar produk lebih dikenal lagi.
Sumber Foto : https://www.doofinder.com/en/blog/what-is-pricing-and-strategies |
“MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK”
Setelah kita menentukan sebuah produk bisnis maka yang perlu kita lakukan selanjutnya yaitu Menentukan Harga Jual produk. rahasia kesuksesan bisnis adalah menentukan harga jual produk dengan benar, Strategi menentukan harga jual produk yang salah akan membuat masalah yang mungkin tidak dapat diatasi. Dalam menentukan harga jual produk biasanya melibatkan beberapa faktor-faktor kunci tertentu, termasuk menentukan target pelanggan.
Setelah kita menentukan sebuah produk bisnis maka yang perlu kita lakukan selanjutnya yaitu Menentukan Harga Jual produk. rahasia kesuksesan bisnis adalah menentukan harga jual produk dengan benar, Strategi menentukan harga jual produk yang salah akan membuat masalah yang mungkin tidak dapat diatasi. Dalam menentukan harga jual produk biasanya melibatkan beberapa faktor-faktor kunci tertentu, termasuk menentukan target pelanggan.
cara penentuan harga jual
produk
·
Penetapan harga berdasar biaya (cost based
pricing)
Harga ditetapkan berdasarkan
biaya-biaya yang dikeluarkan untuk setiap satuan produk, ditambah dengan
keuntungan atau laba yang dikehendaki. Berikut ini beberapa pendekatan cara
menentukan harga jual berdasar biaya:
ü Harga
Biaya Plus (Cost Push Pricing Method)
Penetapan
harga produk dengan menggunakan metode ini ialah dengan menghitung jumlah biaya
produksi, kemudian tambahkan dengan nilai keuntungan yang diinginkan (disebut
juga margin).
ü Harga
Mark-Up
Dalam usaha
dagang, pedagang membeli barang dari supplier, kemudian dijual kembali dengan
menambahkan mark up harga. Keuntungan yang diperoleh pedagang berasal dari
sebagian mark up tersebut. Sebagian lain dari mark up digunakan untuk menutup
biaya eksploitas (operasional) yang telah dikeluarkan oleh pedagang.
ü Harga
Break Even
Menentukan
harga jual didasarkan pada permintaan pasar dengan masih memperhitungkan biaya.
Penjualan pada periode berikutnya adalah keuntungan, jadi jika penjualan yang
diperoleh perusahaan berada di bawah titik break even, maka perusahaan merugi.
Perusahaan baru bisa untung setelah titik break even terlampaui.
·
Menentukan harga berdasarkan harga competitor
Cara menentukan harga jual dilakukan
dengan melihat harga kompetitor sebagai referensi. Harga jual digunakan sebagai
salah satu siasat untuk menghadang kompetitor, dengan cara menetapkan harga
jual lebih murah dibanding pesaing dengan harapan dapat meraih konsumen lebih
banyak. seringkali terjadi perang harga di sini. Akibatnya margin keuntungan
yang didapat semakin sedikit. Dan konsumen lah yang diuntungkan, karena harga
makin murah.
·
Penetapan harga berdasarkan permintaan
(demand-based pricing).
Penetapan harga jual berdasarkan
persepsi konsumen terhadap value yang diterima (value price), preceived
quality, dan sensitivitas harga. Mintalah kepada konsumen untuk memberikan
pernyataan berkaitan dengan kualitas produk Anda, dimana konsumen merasa harga
terlalu mahal, merasa mahal, merasa murah, dan merasa terlalu murah.
"Jadi segitu aja gaiss beberapa
tahap untuk menentukan produk dan menentukan harga jualnya. Semoga artikel ini
bisa memberikan kalian sedikit wawasan buat kalian yang ingin atau akan memulai bisnis. Dan semoga bisnis kalian bisa berkembang dengan baik ya".
Komentar
Posting Komentar