Langsung ke konten utama

Menentukan Produk Bisnis Dan Harga Jual Produk

Sumber Foto : https://www.finansialku.com/karyawan-memulai-bisnis/

Hallo gaiss, ada gak sih dari kalian yang mungkin punya cita-cita untuk memiliki sebuah usaha atau mungkin kalian yang sudah siap ingin membangun usaha tapi bingung harus mulai dengan apa?. Jadi pembahasan kali ini saya akan share ke kalian cara untuk menentukan sebuah Produk dan Menentukan Harga Jual suatu Produk Salah satu rahasia kesuksesan bisnis adalah menentukan harga jual produk dengan benar. Yaitu dengan Menentukan produk dan harga jual produk dengan tepat.

Sumber Foto : http://entrepreneurcamp.id/kriteria-barang/
“PRODUK”
Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Produk adalah hasil jadi dari sebuah proses yang dilakukan oleh pembuat atau produsen yang kemudian akan didistribusikan kepada pembeli atau konsumen sesuai yang dibutuhkannya.
Dalam kehidupan sehari-hari sebagian masyarakat akan memilih, produk yang akan di beli bisa dijangkau sesuai kemampuannya. Maka dari itu sebelum memulai usaha perlu menentukan sebuah produk yang menjadi target kebutuhan masyarakat. pilihan produk-produk yang menyebar dimasyarakat luas sangatlah banyak.
Untuk dapat menciptakan produk yang dapat laku di pasaran dapat dilakukan beberapa langkah berikut.
"Segmentasi konsumen
Segmentasi konsumen adalah proses penentuan awal, “siapa yang akan menjadi calon konsumen produk saya?”. Secara sederhana kita dapat menentukan calon konsumen kita ke dalam beberapa segmentasi seperti :
1.      Lokasi
Berdasarkan lokasi maka anda dapat menargetkan produk untuk calon konsumen. Saat anda melakukan segmentasi ini anda dapat menilai peluang apakah yang ada di daerah tertentu. “Jenis produk apa yang banyak dijual?” , “Produk apa yang dibutuhkan di lokasi ini?” pertanyaan seperti ini akan membantu kita melakukan perencanaan produk dengan lebih mudah.
2.      Masyarakat
Lebih terkhusus lagi kita akan melakukan segmentasi calon pembeli yang potensial bagi produk yang akan kita produksi. Berdasarkan kriteria berikut kita dapat memilah-milah calon konsumen kita : umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dll.
"Mengamati Perilaku Calon Pembeli
Mengamati Perilaku masyarakat adalah cara lain untuk membantu kita dalam menentukan produk yang akan dijual.
·        Tentukan Image Produk
melakukan produksi maka sekaligus menciptakan image produk . Apakah produk yang terjangkau untuk semua masyarakat atau terbatas hanya untuk kelompok tertentu? Misalnya : Anda memproduksi baju jersey yang dirancang khusus untuk olahragawan, maka hanya dari kalangan olahragawan saja yang akan membelinya karena merasa sesuai atau malah selain olahragawan yang menyukai atau mengkoleksi jersey.
·        Kenali Pembeli.
jika produk yang dibuat cocok dengan perilaku pasar maka sangat besar kemungkinan produk atau jasa yang ditawarkan akan mudah diterima. Misalnya : Di sekitar tempat usaha masyarakat gemar berbelanja di akhir pekan. Kebiasaan ini dapat  dijadikan peluang untuk melakukan promosi di akhir pekan agar produk lebih dikenal lagi.

Sumber Foto : https://www.doofinder.com/en/blog/what-is-pricing-and-strategies
“MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK”
Setelah kita menentukan sebuah produk bisnis maka yang perlu kita lakukan selanjutnya yaitu Menentukan Harga Jual produk. rahasia kesuksesan bisnis adalah menentukan harga jual produk dengan benar, Strategi menentukan harga jual produk yang salah akan membuat masalah yang mungkin tidak dapat diatasi. Dalam menentukan harga jual produk biasanya melibatkan beberapa faktor-faktor kunci tertentu, termasuk menentukan target pelanggan.
cara penentuan harga jual produk ​
·        Penetapan harga berdasar biaya (cost based pricing)
Harga ditetapkan berdasarkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk setiap satuan produk, ditambah dengan keuntungan atau laba yang dikehendaki. Berikut ini beberapa pendekatan cara menentukan harga jual berdasar biaya:
ü  Harga Biaya Plus (Cost Push Pricing Method)
Penetapan harga produk dengan menggunakan metode ini ialah dengan menghitung jumlah biaya produksi, kemudian tambahkan dengan nilai keuntungan yang diinginkan (disebut juga margin).
ü  Harga Mark-Up
Dalam usaha dagang, pedagang membeli barang dari supplier, kemudian dijual kembali dengan menambahkan mark up harga. Keuntungan yang diperoleh pedagang berasal dari sebagian mark up tersebut. Sebagian lain dari mark up digunakan untuk menutup biaya eksploitas (operasional) yang telah dikeluarkan oleh pedagang.
ü  Harga Break Even
Menentukan harga jual didasarkan pada permintaan pasar dengan masih memperhitungkan biaya. Penjualan pada periode berikutnya adalah keuntungan, jadi jika penjualan yang diperoleh perusahaan berada di bawah titik break even, maka perusahaan merugi. Perusahaan baru bisa untung setelah titik break even terlampaui.
·        Menentukan harga berdasarkan harga competitor
Cara menentukan harga jual dilakukan dengan melihat harga kompetitor sebagai referensi. Harga jual digunakan sebagai salah satu siasat untuk menghadang kompetitor, dengan cara menetapkan harga jual lebih murah dibanding pesaing dengan harapan dapat meraih konsumen lebih banyak. seringkali terjadi perang harga di sini. Akibatnya margin keuntungan yang didapat semakin sedikit. Dan konsumen lah yang diuntungkan, karena harga makin murah.
·        Penetapan harga berdasarkan permintaan (demand-based pricing).
Penetapan harga jual berdasarkan persepsi konsumen terhadap value yang diterima (value price), preceived quality, dan sensitivitas harga. Mintalah kepada konsumen untuk memberikan pernyataan berkaitan dengan kualitas produk Anda, dimana konsumen merasa harga terlalu mahal, merasa mahal, merasa murah, dan merasa terlalu murah.

"Jadi segitu aja gaiss beberapa tahap untuk menentukan produk dan menentukan harga jualnya. Semoga artikel ini bisa memberikan kalian sedikit wawasan buat kalian yang ingin atau akan memulai bisnis. Dan semoga bisnis kalian bisa berkembang dengan baik ya".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

sumber foto:  https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/ Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu ...

Program Humanity Food Van ACT Saat Pandemi Corona

mobil van ACT mendistribusikan makanan gratis kepada warga prasejahtera.  (Sumber Foto : Pers Realese) DedyStudio , Jakarta –Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali meluncurkan program  Operasi Makan Gratis, Humanity Food Van (HFV) dari Humanity Central Kitchen. Ini merupakan bentuk keseriusan lembaga untuk menguatkan aksi-aksi ACT dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera selama masa pandemi corona. ada 10 armada Humanity Food Van (HFV) akan beroperasi di wilayah Jabodetabek. ribuan porsi makanan setiap harinya yang diproduksi oleh Humanity Central Kitchen dan didistribusikan oleh HFV. Ahyudin selaku ketua Dewan Pembina ACT menyampaikan semangat optimis, kebaikan inilah yang perlu ditanamkan di kalangan masyarakat Indonesia. “Yang harus selalu kita ingat adalah Covid-19 adalah sebuah musibah dari Allah yang Maha Baik, maka akan hadir juga kebaikan. Bangsa ini adalah bangsa yang baik. Salah satu bukti kebaikan bangsa ini adalah kemampuan solidaritas da...

Valterry Petkuns Si Pemalas Yang Menjadi Bintang Karena Hobinya

Valterry Petkuns Kisah seorang pemuda bernama valterry petkuns. petkuns adalah seorang professional atlit parkour freeruning. Sudah berkali kali menjuarai dunia kompetisi Freeruning RedBull Art Of Motion. Dan hampir Semua kompetisi Parkour Dan Freeruning yang ada ada di dunia. Karena prestasinya lah petkuns telah menjadi orang yang sangat sukses, dan hampir semua Praktisi Parkour Freeruning pasti mengenalnya.  Jauh sebelum menjadi seorang atlit parkour dan freeruning, petkuns hanyalam pemuda malas tanpa hobi. Tidak melanjutkan sekolah karna tidak menyukai pelajaran yang ada di sekolahnya. Ketika pergi sekolah dia akan pergi ke tempat lain seperti bermain game dengan teman temannya. petkuns adalah orang yang suka berolahraga, dia sering melakukam lari marathon. Namun pasha tidak menyukai olahraga seperti Sepak bola, bola voly dan sebagainya. Suatu hari ketika sedang berkeliling daerah petkuns mendapati seorang laki-laki melakukan akrobatik salto dan melompat melewa...