Langsung ke konten utama

My Bussines : Berawal Hobi

Sumber Foto : Eannovate

Well hello gaiss masih di Dedy,s Studio. Di pembahasan kali ini gue mau share tentang bisnis yang gue jalankan. Ya walupun masi kuliah gue sedikit demi sedikit sudah mulai menjalankan bisnis ya, walaupun tidak terlalu besar namun cukup untuk menghasilkan uang dan juga untuk belajar tentang bisnis.
Lets check it out…………

Awal dari ide bisnis yang gue jalankan yaitu dari hobi fotografi dan videografi. jadi suatu hari ada sahabat yang akan melakukan proses lamaran dan gue dipercaya untuk jadi orang yang mengabadikan momennya. Karena di daerah gue kebetulan sangat jarang orang yang menyediakan jasa fotografi dan videografi. Dan setelah selesai acara ternyata sahabat memberikan gue selembar amplop berisikan uang sebagai tanda terimakasih, padahal gue tidak memberikan tarif, niat gue iklas membantu sahabat.

Nah dari situ mulailah kepikiran gimana kalo hobi ini gue bisnisin aja kan selain bisa membantu juga bisa menghasilkan keuntungan juga buat gue.

 Dari jasa yang gue tawarkan yaitu fotografi gue menawarkan seperti foto preweding foto weding bisa foto profil foto organisasi dan foto kegiatan acara lainya. Kemudian untuk videografi gue menawarkan pembuatan video profil, video preweding, dan weding, dan video lainya. Untuk proses produksi gue menggunakan kamera Sony A6000 dan dan aplikasi editing seperti Adobe Premiere dan adobe After Efect untuk video. Adobe photosop dan Adobe Lightroom untuk foto.

Gue mengerjakan bisnis ini bareng sama temen gue juga yang punya hobi yang sama. Jadi bisnis ini Cuma dijalankan ber dua gaiss, gue dan temen gue. Nah target pemasaran gue yaitu orang-orang yang akan menjalankan sebuah acara seperti mereka yang akan menikah dan buat mereka yang ingin membuat foto atau video profil.

Untuk keuangan gw tidak mengeluarkan terlalu banyak ya hanya modal di awal saja untuk membeli keparluan seperti Gun Mic dan lighting sekitar habis 500 ribu. Untuk kamera sendiri sebenarnya sudah punya jauh sebelum ada niatan akan menjalankan bisnis ini.

Nah untuk Bisnis Model Canvasnya kalian bisa lihat dibawah ini :
1.      Customer segment Yaitu pasangan yang akan menikah, tetapi bisa juga untuk oraganisasi atau orang  yang ingin membuat video profil atau foto profil.
2.      Value Propositions berkualitas, mudah serta cepat diakses dengan harga terjangkau, dan tidak perlu jauh-jauh lagi dan foto video yang kreatif.
3.      Channels Media social instagram dan facebook sebagai media promosi.
4.      Customer Relationship  Dedy’s Studio akan Selalu aktif di Media sosial jadi bagi calon Client atau client yang sudah pernah menggunakan jasa Dedy’s Studio
5.      Key Activities marketing/pemasaran, proses produksi sesuai pesanan konsumen, pengolahan keuangannya.
6.      Key Resources catalog foto dan video, smartphone, kuota (internet) dan pulsa, kendaraan.
7.      Key Partners penyedia jasa cetak foto berkualitas.
8.      Cost Sructure biaya produksi video customer, biaya promosi jasa foto dan video.
9.      Revenue Stream aset penjualan jasa foto dan video. karena bisnisnya penyedia jasa pembuatan foto dan video

kalian juga bisa lihat penjelasan gimana gue menyusun Bisnis Model Canvas untuk bisnis gue di video di bawah ini :

kalian juga bisa lihat proposal bisnis yang gue buat dibawah ini :


Oke gaiss sekian penjelasan dari gue tentang bagaimana gue memulai bisnis gue. Semoga bisa sedikit membantu yaa. Tetap di rumah aja  belajar dari rumah, bekerja dari rumah, kalau yang harus keluar rumah tetap berhati hati yaa.
Cherioooooo…………………….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

sumber foto:  https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/ Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu dipe

Kumparan Akademi: Membangun Bisnis Ala Bos Start Up

Kumparan Akademi bersama  Wellshared  menggelar webinar ( sumber foto :  https://www.instagram.com/kumparancom/ ) LAMPUNG – Melalui media Teleconference Zoom, Kumparan Akademi bersama Wellshared menggelar webinar dengan tema “ From Zero to One ”,  diselenggarakan dalam 4 sesi dalam kurun waktu selama 4 hari, yaitu pada tanggal 13, 14, 16, dan 21 Juli 2020. membahas strategi membangun bisnis ala bos start up. Dalam webminar sesi pertama pada Senin (13/7) disiarkan secara live dan dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta dan Safrina Nasution sebagai pembawa acara. Dengan para narasumber yaitu Christian Sugiono ( Founder Cumi.id ), Edward Tirtanata ( CEO Kopi Kenangan), Hugo Diba ( CEO kumparan), dan Aryo Ariotedjo ( Founder Grupara Ventures & Wellspaces.co ). Baca Juga :my bussines :berawal-hobi. Dalam webminar bertajuk From Zero to One, narasumber menjelaskan beberapa alasan awal terjun di bisnis dan memulai bisnis tersebut. Dalam webm