Langsung ke konten utama

Ide Bisnis : Begini Caranya

Sumber Foto : Catalyst For Busines
Well hello gaiss masih di Dedy,s Studio, jadi kali ini teman-teman, gue mau ngebahas sesuatu tentang, Cara Menemukan Ide Bisnis, dan di artikel gue Sebelumnya, gue udah pernah ngebahas tentang Business Plan, kalian bisa baca artikelnya di sini. Jadi kita langsung aja masuk ke topik pembahasan Cara Menemukan Ide Bisnis, Let’s Check it Out……

Ternyata masih banyak loh orang dibuat bingung tentang bagaimana cara menemukan ide bisnis yang akan mereka jalankan ke depan. Banyak orang yang masih percaya bahwa memulai sebuah bisnis merupakan proses yang misterius. Pada dasarnya, menemukan ide bisnis tidaklah sulit. tetapi, banyak pengusaha pemula yang kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide bisnis. 

Di artikel ini, kita akan mempelajari bersama bagaimana cara efektif dalam mencari ide bisnis yang tepat sehingga dapat segera dijalankan. nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk menangkap ide bisnis yang tepat. Apa saja ? let’s check it out………….
1.      Mulai dari Hobi dan Keahlian
Banyak pakar yang akan menyarankan agar memulai bisnis dengan melakukan apapun yang disenangi.  mengubah hobi atau keahlian yang dimiliki saat ini menjadi sebuah bisnis. Dengan demikian kita juga bisa berkembang, begitu juga bisnis yang kita jalankan. Nah sekarang, agar kita bisa lebih terarah, cari tahu bagaimana caranya memonetisasi hobi atau keahlian Anda. Yaitu dengan menjadikan hobi sebagai bisnis.
Contohnya gue adalah orang yang punya hobi dengan kegiatan Fotografi dan Videografi. Nah dengan itu gue membuka jasa sebagai Fotografer dan videografer untuk keperluan seperti weding, pre weding. bisa juga videografi profil, seperti profil sekolah atau untuk video profil diri dan lain lain.
Dari keahlian itu gue bisa menciptakan penghasilan, selain itu gue juga bisa terus berinovasi dengan hobi gue.
2.      Serap Ide dari Masalah Tiap Orang
Berbicara mengenai pengalaman seperti, pengalaman yang bisa melahirkan ide peluang bisnis tak harus pengalaman berbisnis, tapi juga pengalaman sehari-hari. Dengan mengamati keseharian, mulai dari kendala dan permasalahan seperti apa yang dihadapi dan produk apa yang bisa dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Sebagai contoh masih berkaitan dengan point yang pertama, di daerah gue tinggal itu masih sangat jarang orang yang menyediakan jasa fotografi dan videografi untuk mengabadikan sebuah moment penting dan masyarakat kadang harus jauh pergi ke daerah lain untuk mendapatkan jasa tersebut. Nah dengan membuka bisnis tersebut secara tidak langsung gue sudah membantu mereka yang ingin mengabadikan sebuah moment penting.
3.      Mengamati Trend
Dalam mencari ide peluang bisnis,  yang tak boleh luput dari pengamatan adalah trend yang tengah diminati dan booming. Selain membantu menemukan peluang bisnis yang tepat, cara ini juga bisa membantumu mengetahui pola pasar terhadap produk terkait. Namun berhati-hatilah dalam menentukan trend seperti apa yang bisa menjadi peluang usaha. Pertimbangkan apakah dalam jangka waktu tersebut kita bisa memutar kembali uang modal dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Contoh kalian ingin memulai berjualan barang barang yang trending secara online, maka yang kalian perlu lakukan yaitu melakukan riset, riser bisa dilakukan  melalui e-commerce yang best selling dan juga riset melalui sosial media. Perlu diketahui bahwa sesuatu yang trend itu tidak melulu barang namun juga bisa berupa makanan.

Cara menemukan ide bisnis diatas merupakan beberapa cara yang bisa kalian lalkukan sebelum memulai usaha. Kita juga perlu berpikir kreatif dan out of the box, untuk dengan dengan mudah mendapatkan ide yang cemerlang untuk diterapkan.

Ohh yaa kalian juga bisa tonton video penjelasan di bawah ini.

Oke gaiss sekian penjelasan dari gue tentang Cara Menemukan Ide Bisnis. Semoga bisa sedikit membantu yaa. Tetap di rumah aja  belajar dari rumah, bekerja dari rumah, kalau yang harus keluar rumah tetap berhati hati yaa.
Cherioooooo…………………….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

sumber foto:  https://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/ Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu dipe

Kumparan Akademi: Membangun Bisnis Ala Bos Start Up

Kumparan Akademi bersama  Wellshared  menggelar webinar ( sumber foto :  https://www.instagram.com/kumparancom/ ) LAMPUNG – Melalui media Teleconference Zoom, Kumparan Akademi bersama Wellshared menggelar webinar dengan tema “ From Zero to One ”,  diselenggarakan dalam 4 sesi dalam kurun waktu selama 4 hari, yaitu pada tanggal 13, 14, 16, dan 21 Juli 2020. membahas strategi membangun bisnis ala bos start up. Dalam webminar sesi pertama pada Senin (13/7) disiarkan secara live dan dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta dan Safrina Nasution sebagai pembawa acara. Dengan para narasumber yaitu Christian Sugiono ( Founder Cumi.id ), Edward Tirtanata ( CEO Kopi Kenangan), Hugo Diba ( CEO kumparan), dan Aryo Ariotedjo ( Founder Grupara Ventures & Wellspaces.co ). Baca Juga :my bussines :berawal-hobi. Dalam webminar bertajuk From Zero to One, narasumber menjelaskan beberapa alasan awal terjun di bisnis dan memulai bisnis tersebut. Dalam webm

My Bussines : Berawal Hobi

Sumber Foto : Eannovate Well hello gaiss masih di Dedy,s Studio. Di pembahasan kali ini gue mau share tentang bisnis yang gue jalankan. Ya walupun masi kuliah gue sedikit demi sedikit sudah mulai menjalankan bisnis ya, walaupun tidak terlalu besar namun cukup untuk menghasilkan uang dan juga untuk belajar tentang bisnis. Lets check it out………… Awal dari ide bisnis yang gue jalankan yaitu dari hobi fotografi dan videografi. jadi suatu hari ada sahabat yang akan melakukan proses lamaran dan gue dipercaya untuk jadi orang yang mengabadikan momennya. Karena di daerah gue kebetulan sangat jarang orang yang menyediakan jasa fotografi dan videografi. Dan setelah selesai acara ternyata sahabat memberikan gue selembar amplop berisikan uang sebagai tanda terimakasih, padahal gue tidak memberikan tarif, niat gue iklas membantu sahabat. Nah dari situ mulailah kepikiran gimana kalo hobi ini gue bisnisin aja kan selain bisa membantu juga bisa menghasilkan keuntungan juga buat gue.